Decilicious



Setiap manusia memiliki kecenderungannya masing2 dalam penggunaan otak kanan atau otak kiri, baik sadar ataupun dibawah sadarnya. Hal ini bergantung pada banyak faktor yang mempengaruhinya sejak masih kecil bahkan sejak dalam kandungan. Kecenderungan berpikir dengan otak kanan ataupun kiri merupakan hasil dari suatu proses yang sangat panjang dan yang tak boleh kita lupakan adalah kecenderungan ini adalah suatu berkah ciptaan Tuhan, Sang Maha Pencipta.

Dikarenakan kedua kecenderungan berpikir ini, baik dengan otak kanan maupun dengan otak kiri merupakan ciptaan Tuhan, maka ada baiknya kita masing2 membuka diri untuk menyelami dan menghayati keperbedaan ini dengan sikap yang positif.

Untuk memahami fungsi otak kita, saya coba uraikan sebagai berikut:
Otak kanan — KREATIF — Bentuk, Intuisi, Lagu &musik, Warna warni, Simbol, Gambar, Imajinasi, Menghayal
Otak kiri – ANALITIK — Bahasa verbal, Matematika, Logika, Angka2, Urutan2, Penilaian, Analisis, Linier

Berikut ini tips atau cara mengetahui apakah kamu cenderung menggunakan otak kiri atau otak kanan.

Lakukan gerakan tangan saling menggenggam seperti dibawah ini


Coba kamu perhatikan jempol tangan kiri dan tangan kamu berada dimanakah?

- Jika “jempol tangan kiri” anda berada paling atas (dipuncak) maka selamat kamu telah bertipe “otak kanan”

- Sebaliknya jika “jempol tangan kanan” anda berada diatas (dipuncak) maka maka selamat kamutelah bertipe “otak kiri”

Bayangkan bila kedua kekuatan ini dapat digunakan secara adil, seimbang dan harmonis dalam suatu frame kehidupan atau kemitraan, akan menjadi suatu kekuatan yang luar biasa, karena tentunya bisa saling mengisi dan saling melengkapi. Penyeimbangan antar kedua fungsi otak kanan dan kiri inilah yang akan memberikan kontribusi pemikiran yang lebih baik daripada pemikiran yang hanya condong pada satu sisi otak saja. Namun sebagai individu yang berbeda, tentunya kendala2 pemahaman “bahasa otak” akan sedikit mengalami adaptasi, dan hal ini dapat diatasi bila kedua pihak saling bertoleransi dan berpikiran positif.

Sumber : Berbagai Sumber


Leave a Reply

Berikan komentar yang relevan...