Decilicious




Baru lulus kuliah. Gelar sarjana sudah di tangan. Saatnya untuk mencari pekerjaan. Tapi kok setelah berusaha melamar ke sana ke mari, belum ada satu pun yang mau memberikan pekerjaan? Sebagai orang yang baru lulus, mencari pekerjaan bisa jadi hal yang cukup menyulitkan dan butuh perjuangan. Kira-kira apa saja sih yang bisa membuat kita sulit dapat pekerjaan? Atau kenapa sih belum ada perusahaan yang mau menerima kita?

Tidak Menyesuaikan Surat Lamaran dengan Posisi Pekerjaan yang Ditawarkan
Jika kamu mengirimkan surat lamaran ke berbagai perusahaan, jangan membuat surat lamaran yang seragam. Setiap surat lamaran harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Tak perlu juga mencantumkan semua pengalaman dalam resume kamu, cukup cantumkan pengalaman yang sekiranya mendukung kamu untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang ditawarkan.

Tidak Mengedit Bahasa dan Ejaan Tulisan 
Surat lamaran akan sulit untuk dilirik apabila kamu telah melakukan kesalahan dalam penulisan. Penggunaan bahasa yang tidak tepat atau salah ejaan bisa menjadi bencana untuk kamu. Jadi pastikan kamu selalu mengedit surat lamaran sebelum mengirimkannya.

Profil di Dunia Maya Tidak Mendukung
Di zaman internet ini, penting untuk memiliki profil yang baik di dunia maya. Pihak dari perusahaan bisa saja mengecek kamu melalui Google, mencari tahu informasi lebih banyak tentang diri kamu. Setidaknya buatlah profil profesional tentang diri kamu misalnya, LinkedIn.

Tidak Menggali Informasi Lebih Dalam
Saat pada akhirnya kamu mendapatkan panggilan wawancara, jangan lupa untuk menggali informasi lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Setidaknya kamu harus tahu visi dan misi perusahaan tersebut. Jadi ketika wawancara, pewawancara bisa melihat keseriusan kamu untuk bekerja di perusahaan itu.

Kurang Proaktif
Cobalah lakukan yang berbeda. Daripada hanya mencari lowongan pekerjaan yang dibuka perusahaan, cobalah untuk bertanya pada perusahaan apakah mereka membuka lowongan pekerjaan. Buat daftar perusahaan yang membuat kamu tertarik lalu kirimkan email ke pihak SDM atau manajer tentang apakah ada lowongan atau posisi yang sesuai dengan latar belakang kamu. Kamu juga bisa menggunakan kenalan atau jejaringmu. Tanyakan pada mereka apakah sekiranya ada perusahaan yang membutuhkan jasa seperti yang kamu miliki saat ini

Leave a Reply

Berikan komentar yang relevan...